Loading...
    Content is user-generated and unverified.

    DIGITAL LOGIC FUNDAMENTALS

    Materi Lengkap dengan Contoh


    1. NUMBER SYSTEMS (Sistem Bilangan)

    1.1 Pengenalan Sistem Bilangan

    Konsep Dasar

    Komputer menggunakan berbagai sistem bilangan untuk merepresentasikan data. Sistem bilangan utama yang digunakan:

    SistemBasisDigit yang DigunakanContoh
    Decimal100-9125₁₀
    Binary20-11111101₂
    Octal80-7175₈
    Hexadecimal160-9, A-F7D₁₆

    1.2 Binary (Biner) - Basis 2

    Definisi

    Sistem bilangan yang hanya menggunakan 2 digit: 0 dan 1

    Konsep Posisi (Positional Value)

    Binary: 1 0 1 1 0 1
    Posisi: 2⁵ 2⁴ 2³ 2² 2¹ 2⁰
    Nilai:  32 16  8  4  2  1

    Contoh 1: Binary ke Decimal

    Konversi 101101₂ ke Decimal

      1    0    1    1    0    1
      ↓    ↓    ↓    ↓    ↓    ↓
     2⁵   2⁴   2³   2²   2¹   2⁰
     32 +  0 +  8 +  4 +  0 +  1 = 45₁₀

    Jawaban: 101101₂ = 45₁₀

    Contoh 2: Decimal ke Binary

    Konversi 75₁₀ ke Binary

    Metode: Bagi dengan 2, catat sisanya dari bawah ke atas

    75 ÷ 2 = 37 sisa 1  ←─┐
    37 ÷ 2 = 18 sisa 1    │
    18 ÷ 2 = 9  sisa 0    │ Baca dari
    9  ÷ 2 = 4  sisa 1    │ bawah ke atas
    4  ÷ 2 = 2  sisa 0    │
    2  ÷ 2 = 1  sisa 0    │
    1  ÷ 2 = 0  sisa 1  ──┘

    Jawaban: 75₁₀ = 1001011₂

    Latihan Binary

    1. Konversi ke decimal: 11010₂ = ?
    2. Konversi ke binary: 50₁₀ = ?
    3. Berapa nilai 10000000₂?

    1.3 Hexadecimal (Basis 16)

    Digit Hexadecimal

    Decimal: 0  1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  11  12  13  14  15
    Hex:     0  1  2  3  4  5  6  7  8  9   A   B   C   D   E   F

    Contoh 3: Hexadecimal ke Decimal

    Konversi 2A3₁₆ ke Decimal

      2      A      3
      ↓      ↓      ↓
     16²    16¹    16⁰
     256     16      1
    
    = (2 × 256) + (10 × 16) + (3 × 1)
    = 512 + 160 + 3
    = 675₁₀

    Contoh 4: Binary ke Hexadecimal (PENTING!)

    Konversi 11010110₂ ke Hex

    Metode: Kelompokkan 4 bit dari kanan

    Binary:  1101  0110
             ↓     ↓
    Decimal: 13    6
             ↓     ↓
    Hex:     D     6
    
    Jawaban: D6₁₆

    Contoh 5: Hexadecimal ke Binary

    Konversi F4₁₆ ke Binary

    F        4
    ↓        ↓
    15       4
    ↓        ↓
    1111     0100
    
    Jawaban: 11110100₂

    Aplikasi Praktis Hex

    • Alamat Memori: 0x7FFF (32767)
    • Warna Web: #FF5733 (Orange)
    • MAC Address: A4:5E:60:E2:3F:01

    1.4 Octal (Basis 8)

    Contoh 6: Binary ke Octal

    Konversi 101110011₂ ke Octal

    Kelompokkan 3 bit dari kanan:

    Binary:  101  110  011
             ↓    ↓    ↓
    Decimal: 5    6    3
             ↓    ↓    ↓
    Octal:   5    6    3
    
    Jawaban: 563₈

    1.5 Representasi Data

    Signed Numbers (Bilangan Bertanda)

    Sign-Magnitude

    8-bit: X XXX XXXX
           ↑ ↑______↑
           │    │
           │    └── Magnitude (nilai absolut)
           └── Sign bit (0=positif, 1=negatif)
    
    Contoh:
    +25 = 0 0011001
    -25 = 1 0011001

    Two's Complement (Paling Umum!)

    Positif: sama seperti biasa
    Negatif: invert bits + 1
    
    Contoh: -25 dalam 8-bit
    1. +25 = 00011001
    2. Invert = 11100110
    3. +1     = 11100111 ← ini adalah -25

    Contoh 7: Two's Complement

    Tentukan nilai 11011010₂ (8-bit Two's Complement)

    Bit pertama = 1, berarti negatif
    
    1. Invert: 11011010 → 00100101
    2. +1:     00100101 → 00100110
    3. Konversi ke decimal: 32+4+2 = 38
    4. Tambah tanda: -38
    
    Jawaban: 11011010₂ = -38₁₀

    Range Representasi

    Tipe8-bit Range16-bit Range
    Unsigned0 hingga 2550 hingga 65,535
    Signed (2's comp)-128 hingga 127-32,768 hingga 32,767

    1.6 Codes (Pengkodean)

    BCD (Binary Coded Decimal)

    Setiap digit decimal dikodekan dengan 4 bit

    Contoh 8: BCD

    Decimal: 295
             ↓
    BCD:     0010  1001  0101
             (2)   (9)   (5)

    ASCII (American Standard Code for Information Interchange)

    7-bit code untuk karakter

    Karakter  │  ASCII (Binary)  │  Hex
    ─────────────────────────────────
       'A'    │    1000001       │  41
       'B'    │    1000010       │  42
       'a'    │    1100001       │  61
       '0'    │    0110000       │  30
       '9'    │    0111001       │  39

    Contoh 9: Encode "Hi"

    'H' = 1001000 = 0x48
    'i' = 1101001 = 0x69
    
    "Hi" dalam binary: 1001000 1101001

    2. BOOLEAN ALGEBRA

    2.1 Operasi Dasar

    Tiga Operasi Fundamental

    AND (·) atau (∧)

    Truth Table:
    A  B  │  A·B
    ─────────────
    0  0  │   0
    0  1  │   0
    1  0  │   0
    1  1  │   1
    
    Hasil 1 hanya jika SEMUA input 1

    OR (+) atau (∨)

    Truth Table:
    A  B  │  A+B
    ─────────────
    0  0  │   0
    0  1  │   1
    1  0  │   1
    1  1  │   1
    
    Hasil 1 jika SALAH SATU input 1

    NOT (¬) atau (̄)

    Truth Table:
    A  │  Ā
    ────────
    0  │  1
    1  │  0
    
    Membalik nilai input

    2.2 Operasi Tambahan

    XOR (Exclusive OR) - ⊕

    A  B  │  A⊕B
    ──────────────
    0  0  │   0
    0  1  │   1
    1  0  │   1
    1  1  │   0
    
    Hasil 1 jika input BERBEDA

    NAND (NOT AND)

    A  B  │  A↑B (NAND)
    ────────────────────
    0  0  │   1
    0  1  │   1
    1  0  │   1
    1  1  │   0
    
    NAND adalah Universal Gate!

    NOR (NOT OR)

    A  B  │  A↓B (NOR)
    ───────────────────
    0  0  │   1
    0  1  │   0
    1  0  │   0
    1  1  │   0
    
    NOR juga Universal Gate!

    2.3 Hukum-Hukum Boolean

    Hukum Dasar

    1. Identity Law (Identitas)
       A + 0 = A
       A · 1 = A
    
    2. Null Law
       A + 1 = 1
       A · 0 = 0
    
    3. Idempotent Law
       A + A = A
       A · A = A
    
    4. Complement Law
       A + Ā = 1
       A · Ā = 0
       
    5. Involution (Double Negation)
       (Ā̄) = A

    Hukum Kombinatif

    6. Commutative (Komutatif)
       A + B = B + A
       A · B = B · A
    
    7. Associative (Asosiatif)
       (A + B) + C = A + (B + C)
       (A · B) · C = A · (B · C)
    
    8. Distributive
       A · (B + C) = (A · B) + (A · C)
       A + (B · C) = (A + B) · (A + C)

    Hukum De Morgan (SANGAT PENTING!)

    9. De Morgan's Theorems
       (A + B)̄ = Ā · B̄
       (A · B)̄ = Ā + B̄
    
       Dalam kata: 
       - NOT dari OR = AND dari NOT
       - NOT dari AND = OR dari NOT

    2.4 Penyederhanaan Boolean

    Contoh 10: Simplifikasi Sederhana

    Sederhanakan: F = AB + AB̄

    F = AB + AB̄
      = A(B + B̄)      [Distributive]
      = A · 1          [Complement Law: B + B̄ = 1]
      = A              [Identity Law]
    
    Jawaban: F = A

    Contoh 11: Menggunakan De Morgan

    Sederhanakan: F = (A + B)̄ · (Ā · B̄)̄

    Langkah 1: Aplikasikan De Morgan pada (A + B)̄
    (A + B)̄ = Ā · B̄
    
    Langkah 2: Aplikasikan De Morgan pada (Ā · B̄)̄
    (Ā · B̄)̄ = A + B
    
    Langkah 3: Substitusi
    F = (Ā · B̄) · (A + B)
    
    Langkah 4: Ekspansi (Distributive)
    F = Ā·B̄·A + Ā·B̄·B
    F = 0 + 0         [A·Ā = 0 dan B·B̄ = 0]
    F = 0
    
    Jawaban: F = 0 (selalu false)

    Contoh 12: Penyederhanaan Kompleks

    Sederhanakan: F = ABC + AB̄C + ĀBC

    F = ABC + AB̄C + ĀBC
      = AC(B + B̄) + ĀBC      [Faktorkan AC dari 2 term pertama]
      = AC·1 + ĀBC           [B + B̄ = 1]
      = AC + ĀBC
      = C(A + ĀB)            [Faktorkan C]
      = C(A + Ā)(A + B)      [Distributive]
      = C·1·(A + B)          [A + Ā = 1]
      = C(A + B)
    
    Jawaban: F = AC + BC

    3. LOGIC GATES (Gerbang Logika)

    3.1 Basic Gates

    Simbol dan Fungsi

    AND Gate:
        A ──┐
            │╲
              ╲──── A·B
            │╱
        B ──┘
    
    OR Gate:
        A ──┐
            │)
             )──── A+B
            │)
        B ──┘
    
    NOT Gate (Inverter):
        A ───▷○── Ā
    
    NAND Gate:
        A ──┐
            │╲
              ╲○──── (AB)̄
            │╱
        B ──┘
    
    NOR Gate:
        A ──┐
            │)
             )○──── (A+B)̄
            │)
        B ──┘
    
    XOR Gate:
        A ──┐
            │)
             )──── A⊕B
            │)
        B ──┘
    
    XNOR Gate:
        A ──┐
            │)
             )○──── (A⊕B)̄
            │)
        B ──┘

    3.2 Universal Gates

    NAND sebagai Universal Gate

    Semua gate bisa dibuat dari NAND!

    NOT dari NAND:
    A ──NAND── Ā (kedua input dihubungkan)
        ─┘
    
    AND dari NAND:
    A ─┐        ┌─ NOT
       NAND─────┤       ── A·B
    B ─┘        └─
    
    OR dari NAND:
    A ── NOT ─┐
              NAND── A+B
    B ── NOT ─┘

    Contoh 13: Implementasi dengan NAND

    Implementasikan F = AB + C dengan NAND saja

    Langkah 1: Aplikasikan De Morgan dua kali
    F = AB + C
      = (AB + C)̄̄
      = ((AB)̄ · C̄)̄    [De Morgan]
    
    Implementasi:
    A ─┐
       NAND─┐
    B ─┘    │
            NAND── F
    C ─NOT──┘
    
    (3 NAND gate total: 2 untuk input, 1 untuk output)

    3.3 Timing Diagrams

    Contoh 14: Analisis Timing

    Diberikan: F = A·B + C

    Timing Diagram:
    
         ┌───┐       ┌───────┐
    A    │   │       │       │
       ──┘   └───────┘       └──
    
             ┌───────┐
    B        │       │
       ──────┘       └──────────
    
     ┌───┐               ┌───┐
    C│   │               │   │
     ┘   └───────────────┘   └─
    
             ┌───────┐   ┌───┐
    F        │       │   │   │
       ──────┘       └───┘   └─
       (F aktif saat AB=1 atau C=1)

    4. COMBINATIONAL CIRCUITS

    4.1 Pengertian

    Combinational Circuit: Output hanya bergantung pada input SAAT INI, tidak ada memori/storage.

    Karakteristik:
    ✓ Tidak ada feedback loop
    ✓ Tidak ada elemen penyimpanan
    ✓ Output = f(Input saat ini)

    4.2 Sum of Products (SOP) & Product of Sums (POS)

    Sum of Products (SOP) - Bentuk Normal

    Contoh 15: Dari Truth Table ke SOP

    Truth Table:
    A  B  C  │  F
    ──────────────
    0  0  0  │  0
    0  0  1  │  1  ← minterm m₁
    0  1  0  │  0
    0  1  1  │  1  ← minterm m₃
    1  0  0  │  1  ← minterm m₄
    1  0  1  │  0
    1  1  0  │  1  ← minterm m₆
    1  1  1  │  0
    
    SOP Form:
    F = Ā·B̄·C + Ā·B·C + A·B̄·C̄ + A·B·C̄
    F = m₁ + m₃ + m₄ + m₆
    F = Σ(1,3,4,6)

    Product of Sums (POS)

    Contoh 16: Dari Truth Table ke POS

    Gunakan baris dimana F = 0
    
    F = (A+B+C)·(A+B̄+C)·(A+B̄+C̄)·(Ā+B̄+C)
    F = M₀·M₂·M₅·M₇
    F = Π(0,2,5,7)

    4.3 Karnaugh Map (K-Map) - Tool Penyederhanaan

    K-Map 2 Variabel

         B
        0  1
      ┌────────
    A 0│ m₀ m₁
      1│ m₂ m₃

    K-Map 3 Variabel

    Contoh 17: Simplifikasi dengan K-Map 3 variabel

    F(A,B,C) = Σ(1,3,4,6)
    
          BC
         00 01 11 10
       ┌──────────────
    A 0│  0  1  1  0
      1│  1  0  0  1
    
    Grouping:
    - Grup 1: BC (posisi 01 dan 11 di baris A=0) → Ā·C
    - Grup 2: AC̄ (posisi 00 dan 10 di baris A=1) → A·C̄
    
    F = Ā·C + A·C̄ = A⊕C

    K-Map 4 Variabel

    Contoh 18: K-Map 4 Variabel

    F(A,B,C,D) = Σ(0,1,2,5,8,9,10)
    
           CD
          00 01 11 10
        ┌──────────────
    AB 00│ 1  1  0  1
       01│ 0  1  0  0
       11│ 0  0  0  0
       10│ 1  1  0  1
    
    Grouping (catat: boleh wrap around!)
    - Grup 1 (size 4): Ā·C̄ (pojok kiri)
    - Grup 2 (size 2): Ā·B·D̄
    
    F = Ā·C̄ + Ā·B·D̄
      = Ā(C̄ + B·D̄)

    Aturan K-Map

    1. Grouping harus 1, 2, 4, 8, 16... (power of 2)
    2. Makin besar grup, makin sederhana
    3. Boleh overlap
    4. Boleh wrap around (edge ke edge)
    5. Pilih minimal jumlah grup

    4.4 Rangkaian Kombinasional Standar

    Half Adder

    Menjumlahkan 2 bit

    Input: A, B
    Output: Sum (S), Carry (C)
    
    Truth Table:
    A  B  │  S  C
    ─────────────
    0  0  │  0  0
    0  1  │  1  0
    1  0  │  1  0
    1  1  │  0  1
    
    Equations:
    Sum (S) = A ⊕ B
    Carry (C) = A · B
    
    Circuit:
    A ──┬──XOR── S
        │
    B ──┼──┐
        │  AND── C
        └──┘

    Full Adder

    Menjumlahkan 3 bit (A + B + Cᵢₙ)

    Truth Table:
    A  B  Cᵢₙ │  S  Cₒᵤₜ
    ─────────────────────
    0  0   0  │  0   0
    0  0   1  │  1   0
    0  1   0  │  1   0
    0  1   1  │  0   1
    1  0   0  │  1   0
    1  0   1  │  0   1
    1  1   0  │  0   1
    1  1   1  │  1   1
    
    Equations:
    S = A ⊕ B ⊕ Cᵢₙ
    Cₒᵤₜ = AB + BCᵢₙ + ACᵢₙ = AB + Cᵢₙ(A⊕B)

    Multiplexer (MUX)

    Memilih 1 dari N input

    Contoh 19: MUX 4-to-1

    Input: I₀, I₁, I₂, I₃
    Select: S₁, S₀
    Output: Y
    
    S₁ S₀ │  Y
    ──────────
    0  0  │ I₀
    0  1  │ I₁
    1  0  │ I₂
    1  1  │ I₃
    
    Logic:
    Y = S̄₁S̄₀I₀ + S̄₁S₀I₁ + S₁S̄₀I₂ + S₁S₀I₃

    Decoder

    Mengkonversi n bit menjadi 2ⁿ output

    Contoh 20: Decoder 2-to-4

    Input: A₁, A₀
    Output: Y₀, Y₁, Y₂, Y₃
    
    A₁ A₀ │ Y₃ Y₂ Y₁ Y₀
    ───────────────────
    0  0  │  0  0  0  1
    0  1  │  0  0  1  0
    1  0  │  0  1  0  0
    1  1  │  1  0  0  0
    
    Equations:
    Y₀ = Ā₁·Ā₀
    Y₁ = Ā₁·A₀
    Y₂ = A₁·Ā₀
    Y₃ = A₁·A₀

    Encoder

    Kebalikan Decoder: 2ⁿ input → n bit

    Contoh 21: Priority Encoder 4-to-2

    Input: I₀, I₁, I₂, I₃ (priority: I₃ > I₂ > I₁ > I₀)
    Output: A₁, A₀, V (valid)
    
    I₃ I₂ I₁ I₀ │ A₁ A₀  V
    ─────────────────────
    0  0  0  0  │  X  X  0
    0  0  0  1  │  0  0  1
    0  0  1  X  │  0  1  1
    0  1  X  X  │  1  0  1
    1  X  X  X  │  1  1  1

    5. SEQUENTIAL CIRCUITS

    5.1 Perbedaan dengan Combinational

    Combinational:
    Input → [Logic] → Output
    
    Sequential:
    Input → [Logic] ⇄ [Memory] → Output
               ↑_______↓
            Feedback/State

    Sequential Circuit: Output bergantung pada input SAAT INI + STATE sebelumnya


    5.2 Latches (Level-Triggered)

    SR Latch (Set-Reset)

    Truth Table:
    S  R  │  Q  Q̄  │  Action
    ───────────────────────────
    0  0  │  Q  Q̄  │  Hold (no change)
    0  1  │  0  1  │  Reset
    1  0  │  1  0  │  Set
    1  1  │  X  X  │  Invalid!
    
    Circuit (NOR-based):
        ┌───NOR───┐
    S ──┤         ├── Q
        │    ┌────┘
        └────┼───┐
             │   │
        ┌────┼───┤
    R ──┤    │   ├── Q̄
        └───NOR──┘

    D Latch (Data Latch)

    Eliminasi kondisi invalid SR

    Input: D (Data), En (Enable)
    Output: Q
    
    En  D  │  Q
    ────────────
    0   X  │  Q (hold)
    1   0  │  0
    1   1  │  1
    
    "When Enable=1, Q follows D"
    
    Circuit:
    D ──┬─────────── S
        │           │
        │      ┌───SR Latch──── Q
        │      │    │
    En─AND─────┘    │
        │           │
        └──NOT─AND── R

    5.3 Flip-Flops (Edge-Triggered)

    D Flip-Flop

    Paling umum digunakan!

    Symbol:
          ──┐
    D ────┤D  Q├──── Q
          │    │
    Clk ─▷│>   │
          │   Q̄├──── Q̄
          ──┘
    
    Truth Table:
    Clk  D  │  Q(next)
    ─────────────────
     ↑   0  │   0
     ↑   1  │   1
     ─   X  │   Q (hold)
    
    ↑ = positive edge (rising edge)

    JK Flip-Flop

    Universal flip-flop

    Truth Table:
    Clk  J  K  │  Q(next)  │  Action
    ─────────────────────────────────
     ─   X  X  │     Q     │  No change
     ↑   0  0  │     Q     │  Hold
     ↑   0  1  │     0     │  Reset
     ↑   1  0  │     1     │  Set
     ↑   1  1  │     Q̄     │  Toggle
    
    Characteristic Equation:
    Q(next) = JQ̄ + K̄Q

    T Flip-Flop (Toggle)

    Truth Table:
    Clk  T  │  Q(next)
    ──────────────────
     ─   X  │    Q
     ↑   0  │    Q
     ↑   1  │    Q̄
    
    "T=1 untuk toggle"
    
    Dari JK: J=K=T

    5.4 Registers (Storage)

    Parallel Load Register

    Contoh 22: 4-bit Register

    Circuit:
            ┌─────┐
    D₀ ────┤D   Q├──── Q₀
            │     │
            ├─────┤
    D₁ ────┤D   Q├──── Q₁
            │     │
    Clk ──▷│>    │
            ├─────┤
    D₂ ────┤D   Q├──── Q₂
            │     │
            ├─────┤
    D₃ ────┤D   Q├──── Q₃
            └─────┘
    
    Saat clock edge: D₀D₁D₂D₃ → Q₀Q₁Q₂Q₃

    Shift Register

    Contoh 23: 4-bit Shift Register (Kanan)

            ┌─────┐   ┌─────┐   ┌─────┐   ┌─────┐
    Din ───┤D   Q├──┤D   Q├──┤D   Q├──┤D   Q├─── Qout
            │     │   │     │   │     │   │     │
    Clk ──▷│>    │ ▷│>    │ ▷│>    │ ▷│>    │
            └─────┘   └─────┘   └─────┘   └─────┘
              FF₃       FF₂       FF₁       FF₀
    
    Operasi:
    Clock 0: Din=1 → [1 0 0 0]
    Clock 1: Din=1 → [1 1 0 0]
    Clock 2: Din=0 → [0 1 1 0]
    Clock 3: Din=0 → [0 0 1 1]

    5.5 Counters (Pencacah)

    Asynchronous Counter (Ripple Counter)

    Contoh 24: 3-bit Ripple Counter

    Circuit:
            ┌──┐    ┌──┐    ┌──┐
    Clk ──▷│T │Q──▷│T │Q──▷│T │Q
            │  │    │  │    │  │
            └──┘    └──┘    └──┘
             Q₀      Q₁      Q₂
    
    Sequence (0-7):
    Count │ Q₂ Q₁ Q₀
    ──────┼─────────
      0   │  0  0  0
      1   │  0  0  1
      2   │  0  1  0
      3   │  0  1  1
      4   │  1  0  0
      5   │  1  0  1
      6   │  1  1  0
      7   │  1  1  1
      0   │  0  0  0 (repeat)

    Synchronous Counter

    Contoh 25: 3-bit Synchronous Up Counter

    Design menggunakan JK FF:
    
    Q₂ Q₁ Q₀ │ Q₂⁺ Q₁⁺ Q₀⁺ │ J₂ K₂ J₁ K₁ J₀ K₀
    ─────────┼────────────┼──────────────────
    0  0  0  │  0  0  1  │  0  X  0  X  1  X
    0  0  1  │  0  1  0  │  0  X  1  X  X  1
    0  1  0  │  0  1  1  │  0  X  X  0  1  X
    0  1  1  │  1  0  0  │  1  X  X  1  X  1
    1  0  0  │  1  0  1  │  X  0  0  X  1  X
    1  0  1  │  1  1  0  │  X  0  1  X  X  1
    1  1  0  │  1  1  1  │  X  0  X  0  1  X
    1  1  1  │  0  0  0  │  X  1  X  1  X  1
    
    Equations (dari K-Map):
    J₀ = 1,  K₀ = 1
    J₁ = Q₀, K₁ = Q₀
    J₂ = Q₁Q₀, K₂ = Q₁Q₀

    BCD Counter (Decade Counter)

    Contoh 26: Counter 0-9

    Modulo-10 counter
    
    Hanya count: 0000 → 1001 (0-9)
    Clear saat mencapai 10 (1010)
    
    Logic tambahan:
    Clear = Q₃·Q₁ 
    (aktif saat 1010, reset ke 0000)

    5.6 State Machines

    Finite State Machine (FSM)

    Contoh 27: Sequence Detector "101"

    Deteksi urutan 101 dalam bitstream

    State Diagram:
               0
        ┌──────────┐
        ↓          │
       S0 ─1→ S1 ─0→ S2 ─1→ S3 (output=1)
        ↑     │         │
        │     └─1───────┘
        └──────0─────────┘
    
    State Table:
    Present │ Input │ Next  │ Output
    State   │       │ State │
    ────────┼───────┼───────┼────────
      S0    │   0   │  S0   │   0
      S0    │   1   │  S1   │   0
      S1    │   0   │  S2   │   0
      S1    │   1   │  S1   │   0
      S2    │   0   │  S0   │   0
      S2    │   1   │  S3   │   1
      S3    │   0   │  S2   │   0
      S3    │   1   │  S1   │   0
    
    State Assignment (2-bit):
    S0 = 00
    S1 = 01
    S2 = 10
    S3 = 11

    Implementasi dengan D FF:

    State Encoding:
    Q₁ Q₀ = State
    
    Next State Equations (dari K-map):
    D₁ = Q₁Q₀X̄ + Q̄₁QX
    D₀ = Q̄₁Q̄₀X + Q₁QX̄
    
    Output Equation:
    Z = Q₁Q₀X

    LATIHAN SOAL KOMPREHENSIF

    Soal 1: Konversi Number System

    1. Konversi 10110101₂ ke Hexadecimal
    2. Berapa decimal value dari 3A7₁₆?
    3. Representasikan -45 dalam 8-bit Two's Complement

    Soal 2: Boolean Algebra

    Sederhanakan:

    • F = ABC + ABC̄ + ĀBC
    • G = (A+B)(A+C)(B+C)
    • H = (A+B̄)(Ā+B)

    Soal 3: K-Map

    Minimalisasi F(A,B,C,D) = Σ(0,1,3,7,8,9,11,15)

    Soal 4: Circuit Design

    Desain Full Subtractor (A - B - Borrow_in)

    Soal 5: Sequential

    Desain modulo-6 synchronous counter menggunakan JK flip-flops

    Soal 6: FSM

    Desain FSM untuk vending machine:

    • Harga: 15 cent
    • Koin: 5 cent, 10 cent
    • Output: Dispense saat ≥15 cent

    TIPS BELAJAR

    Untuk Number Systems:

    ✓ Hafalkan powers of 2: 2⁰=1, 2¹=2, 2²=4, ..., 2¹⁰=1024 ✓ Binary ↔ Hex: kelompokkan 4 bit ✓ Praktik konversi setiap hari

    Untuk Boolean Algebra:

    ✓ Hafalkan hukum dasar + De Morgan ✓ Latih simplifikasi bertahap ✓ Gunakan K-Map untuk 3+ variabel

    Untuk Sequential:

    ✓ Pahami perbedaan Latch vs Flip-Flop ✓ Pahami timing: level vs edge triggered ✓ Untuk counter: mulai dari T-FF, JK-FF untuk kontrol lebih

    Untuk Circuit Design:

    ✓ Mulai dari truth table ✓ Buat SOP/POS ✓ Simplifikasi dengan K-Map ✓ Implementasi dengan gates


    REFERENSI & TOOLS

    Online Simulators:

    1. Logisim-evolution - rangkaian digital
    2. CircuitVerse - web-based simulator
    3. Digital - modern logic simulator
    4. Falstad Circuit Simulator

    Kalkulator:

    • Programmer Calculator (Windows)
    • Binary Calculator online

    Video Tutorials:

    • Neso Academy (Sequential circuits)
    • Ben Eater (Digital electronics)
    • NandGame (learn from NAND gates)

    Selamat Belajar Digital Logic! 🔌⚡

    Practice makes perfect - Kerjakan banyak soal!

    Content is user-generated and unverified.